-->

Cara Mengatur Ukuran Kertas Pada Microsoft Word 2007

Cara mengatur ukuran kertas pada microsoft word cukup mudah dilakukan, namum bagi yang baru saja belajar tentu belum mengetahuinya. Kali di sinaukomputer.net kita akan belajar dan berbagi, bagaimana cara mengatur jenis dan ukuran kertas pada saat kita akan membuat satu dokumen microsoft word.

Seringkali ketika kita menulis atau mengetik sebuah tulisan dengan menggunakan microsoft word, kita lupa untuk menentukan jenis kertas apa yang akan kita gunakan. Hasilnya ketika di print ternyata kurang memuaskan. Banyak tulisan yang terpotong atau sebaliknya, ruang kosong sangat banyak sehingga tulisan kita terlihat tidak rapi.

Untuk itulah mengatur ukuran kertas dan juga jenis kertas lembar kerja microsoft word sangat diperlukan. Perlu diketahui, pada dasarnya mengatur ukuran kertas pada microsoft word tidak harus atau wajib dilakukan pada saat kita baru mulai mengetik. Bahkan apabila tulisan anda sudah jadi pun, anda bisa mengubah ukuran dan jenis kertasnya tanpa mengulangi mengetik dari awal. Jangan khawatir, bagi anda yang sudah terlanjur, tidak jadi soal, kita bisa atur di ahir pada saat mengedit tulisan kita.

Lihat : Jenis ukuran kertas di microsoft word

Sudah siap ? Mari kita mulai saja tutorial kali ini. Untuk microsoft word yang saya gunakan pada tutorial kali ini microsoft word 2007. Bagi anda yang menggunakan seri selainnya tetap saja bisa digunakan.


Cara Mengatur Jenis Kertas Dalam Microsoft Word 2007


Cara mengubah ukuran kertas pada microsoft word langkahnya sangat mudah, anda bisa langsung mempraktekanya sekarang atau nanti. Oke, langsung saja kita mulai.
Buka program microsoft word 2007
Pada tolbar menu klik di tab “ Page Layout”
cara mengatur ukuran kertas pada microsoft word
Disana sobat dihadirkan dengan banyak sekali pengaturan untuk Layout salah satunya untuk ukuran kertas
Klik “Size” pada kotak “Page Setup”
    cara mengatur ukuran kertas pada microsoft word
Kotak Page Setup Microsoft Word 2007
Nah disana ada banyak ukuran kertas yang sobat bisa pilih
jenis jenis ukuran kertas pada microsoft word cukup lengkap. Anda tidak perlu bingung dengan kertas apa yang anda gunakan. Anda juga bisa mengaturnya sendiri atau melakukan custom. Contohnya kuran kertas f4 dalam microsoft word jika anda perhatikan tidak ada. Oleh karena itu anda perlu mengcustom sendiri. Jangan khawatir, cara mengubah ukuran kertas pada microsoft word akan kita bahas setelah ini. 


cara mengatur ukuran kertas pada microsoft word



Bisakah kita mengubah ukuran kertas pada microsoft word sendiri ?

Dalam kenyataan memang kita dihadapkan dengan beberapa permasalahan kecil. Ternyata standar yang banyak digunakan di lingkungan kita adalah kertas ukuran F4. Sedangkan kertas jenis F4 dan ukuran kertas f4 di microsoft word 2007 tidak terdapat dalam opsi pilihan. Tunggu dulu, anda jangan berkecil hati, ada banyak jalan menuju Roma. Begitu kira- kira pepatah mengatakan bukan ? Apabila anda mengalami hal tersebut ? Kita tinggal mengatur dengan cara mengubah ukuran kertas yang sudah ada dan memasukkan ukuran kertas yang kita miliki. Berikut cara mengubah ukuran kertas pada microsoft word.
  1. Lakukan langkah diatas sampai nomor 4
  2. Kemudian sobat pilih saja sembarang misal kita pilih “Legal”
  3. Disini kita akan merubah ukuran  kertas “Legal” menjadi sesuai dengan kertas yang kita miliki, misalkan F4, anda bisa melihat di cover kertas yang anda beli bahwa ukuran kertas f4 adalah (21,5cm x 33 cm). Jadi kita ubah ukuran kertasnya menjadi itu.
  4. Setelah sobat pilih “Legal”  kemudian klik di bagian paling bawah “More Paper Size .....”
    cara mengubah ukuran kertas pada microsoft word
  5. Pada kotak dialog, silahkan sobat ganti dimensi kertas nya sesuai ukuran F4 tadi  (lhat gambar) kemudian klik “Ok”
    cara mengubah ukuran kertas pada microsoft word 2007
Dengan begitu sekarang kertas yang anda gunakan telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan ukuran sebenarnya. Sehingga anda akan lebih mudah dalam proses pengaturan selanjutnya. Nah demikian tutorial cara mengatur ukuran kertas pada Microsoft Word. Mudah - mudahan bermanfaat untuk anda semua.

Biar lebih jelas lagi, anda bisa menyimak vidio singkat yang tidak akan memakan kuota anda. Hanya beberapa menit, namun akan membuat anda paham dan langsung bisa. Check it out


Janan lupa, baca juga tutorial lainnya yang tidak kalah penting dengan tutorial ini :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatur Ukuran Kertas Pada Microsoft Word 2007"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel