-->

Ukuran Kertas dan Jenis Kertas Pada Microsoft Word

Ukuran kertas pada microsoft word ada banyak sekali, namun biasanya yang banyak dipakai hanya beberapa jenis dan ukuran saja diantaranya adalah ukuran kertas F4, Ukuran kertas A4 dan juga kertas Folio. Pembahasan kita kali ini seputar mengenal beberapa jenis dan ukurann kertas yang ada digunakan di microsoft word. Oleh karena itu, tetap di tempat duduk anda dan silahkan lanjutkan membaca.

Ukuran kertas dan jenis kertas biasanya ditentukan berdasarkan kebutuhan penggunaanya. Kertas folio misalnya, tidak akan sama fungsinya dengan kertas foto. 
ukuran kertas f4
http://mggr.ie/?gallery=office-paper
Walapun kertas folio juga bisa digunakan untuk mecetak foto, namun hasilnya akan lebih bagus menggunakan kertas khusus foto. Sedangkan kertas folio digunakan untuk keperluan administerasi seperti membuat surat, mencetak modul, untuk fotokopi dan lain sebagainya. 

Tidak ada salahnya kali ini kita akan mencoba untuk mengenal jenis dan ukuran kertas yang paling banyak diperlukan tentu saja di sinaukomputer.net.

Semua orang saya yakin tahu yang dimaksud dengan kertas di sini adalah sebuah benda sangat tipis, berwarna putih, dengan ukuran tertentu yang berfungsi untuk menulis, menggambar, dan sebagainya. 

Kertas bisa terbuat dari berbagai macam bahan, diantaranya adalah dari serat kayu yang halus dan diproses dengan menggunakan teknik dan alat khusus sehingga menjadi seperti yang sering kita lihat.

Mengenal Jenis dan Ukuran Kertas


Banyak sekali orang yang menggunakan kertas namun jarang yang mengenal banyak jenis dan ukuran – ukuran kertas. Memang tidak mengapa, namun terkadang tidak kita pungkiri, kita butuh tahu dengan ukuran dan jenis kertas. Misalkan ketika dalam satu pekerjaan kita membutuhkan pamphlet misalnya. Kita akan membuatnya dengan kertas apa dan ukuran berapa ?

Nah memang ada baiknya dan juga bermanfaat ketika kita mengenal dan tahu sedikit dengan jenis dan ukuran kertas. Manfaat kita mengetahui ukuran kertas diantaranya disaat kita membuat sebuah dokumen kemudian kita akan mencetak atau print. Dengan mengetahui ukuran kertas kita akan mudah sekali melakukan seting dan printing dengan rapih. Pada kesempatan ini, kita tidak akan berbicara panjang lebar mengenai semua jenis kertas. 

Baca juga : Cara Ngeprint Bolak Balik 

Karena dalam blog ini (sinaukomputer.net) terdapat materi tentang microsoft word, dan juga tentang bagaimana cara mengatur ukuran kertas pada microsoft word. Jadi kita batasi saja, yang akan kita bahas adalah kertas – kertas yang kita gunakan untuk membuat surat dan sejenisnya yang banyak dipakai dengan menggunakan microsoft word.

Masih ingat ketika anda membuat skripsi atau tugas akhir pada saat kuliah ? Kertas apa yang anda gunakan ? Ya benar, kertas A4 atau A4s. Berapa ukuran kertas ukuran kertas A4 ? Mungkin anda sudah lupa.

Baik, pada software microsoft word sendiri telah tersedia berbagai jenis dan ukuran kertas yang pada dasarnya telah disesuaikan oleh pihak pengembangnya dengan kebanyakan kertas yang dipakai di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Jenis dan Ukuran Kertas Pada Micirosof Word


Yuk kita tengok ada kertas apa saja yang sudah disediakan oleh microsoft word ? Ternyata ada banyak sekali. Berikut saya kutipkan di microsoft word 2010.

1# - Kertas Letter

Memang penamaan di microsoft sendiri tertulis kertas letter, ukuran kertas Leter anda bisa melihatnya di dalam software tersebut yaitu lebar = 8,5 Inchi dan Panjang = 11 Inchi. Atau bagi anda yang microsoft word nya menggunakan satuan cm. Maka ukuran kertas letter disana akan tertulis Lebar = 22 cm dan Panjang = 28 cm. Kertas ini mungkin secara khusus difungsikan untuk keperluan surat menyurat, makanya dinamakan kertas letter. Tapi di Indonesia jarang sekali yang menggunakan kertas jenis ini.

2# - Kertas Legal

Saya tidak begitu paham apa yang dimaksud “legal”  dan mengapa dalam word penamaan kertas digunakan nama legal. Ah tidak mengapa, kertas ini juga jarang digunakan di Indonesia setahu saya sih, gak tahu juga kalau di lain tempat, heheh. Ukuran kertas legal dalam microsoft word panjang = 14 Inchi, Lebar 8,5 inchi atau ukuran kertas legal dalam centi meter yaitu Panjang = 36 cm dan Lebar = 22 cm. Kalo kita perhatikan, ukuran lebar kertas legal sama dengan lebar kertas letter, bedanya hanya pada panjangnya.

3# - Ukuran Kertas A5

Pernahkah anda menggunakan kertas ukuran ini saat membuat satu pekerjaan di microsoft word ? Ukuran kertas A5, lebarnya selisih 1 cm dengan kertas legal dan letter sedangkan panjangnya juga lebih kecil dari kertas legal dan kertas letter. Ukuran kertas A5 pada microsoft word dalam cm yaitu panjang = 21 cm dan lebar 14, 8 cm. Kalo kita perhatikan lebarnya hampir setengah dari kertas legal dan letter. Jadi kemungkinan besar fungsinya tidak untuk membuat surat – menyurat.

4# - Ukuran Kertas A4

Kalo kertas jenis ini kita pasti tidak asing lagi. Kertas ini banyak digunakan di Indonesia. Terutama di kalangan pelajar. Kertas  dengan ukuran tidak terlalu lebar dan tidak terlalu panjang ini banyak tersedia di pasaran hanya kebanyakan merk atau brand terkenal memberi label dengan kertas A4s. Saya tidak begitu paham mengapa demikian, namun hanya selisih o,.. cm dari ukuran kertas yang ada di microsoft word. Ukuran kertas A4 dalam microsoft word sendiri dalam centi meter yaitu Panjang = 29,7 cm dan Lebar : 21 cm.

Penggunaan kertas A4 sendiri kebanyakan untuk membuat karya ilmiah, paper dan juga tugas akhir skripsi oleh para mahasiswa. Ukuran kertas A4 yang tidak terlalu panjang mungkin dipilih agar terlihat rapi dan tidak terlalu panjang sehingga mudah untuk dibawa dan pas dengan ukuran tas.

5# - Ukuran Kertas F4

Kalo anda perhatikan dan anda cari di Microsoft word, anda tidak akan menemukan ukuran kertas ini. Sama juga jika anda mencari jenis dan ukuran kertas folio. Anda tidak akan menemukannya. Mengapa demikian ? ya, karena memang tidak ada. Mungkin si pembuat microsoft word tidak kenal dengan ukuran kertas dan jenis kertas ini.

Kertas F4 atau sering disebut dengan kertas Folio banyak digunakan di Indonesia khususnya di sekitar tempat tinggal saya untuk keperluan administerasi. Mengapa tidak menggunakan A4 ? Karena terkadang menggunakan A4 bagian bawah seperti cap dan tanda tangan ternyata kurang. Namun ketika menggunakan kertas F4 hasilnya pas sekali.

Lalu berapa ukuran kertas F4 ?

Ukuran kertas F4 dalam mm seperti yang tertera pada label cover ketika anda membeli kertas ini yaitu Lebar = 216 mm dan Panjang = 330 mm. Sedangkan ukuran kertas F4 dalam cm tinggal bagi saja dengan angka 10  yaitu Panjang = 33 cm dan Lebar = 21,6 cm.  Lalu bagaimana cara mengatur ukuran kertas pada microsoft word ke dalam kertas F4 ? Sudah kita bahas di :


Anda bisa melihat sendiri di microsoft word ada banyak sekali ukuran kertas tapi pasti anda tidak pernah menggunakan semuanya. Hanya beberapa jenis kertas saja yang kita sering gunakan yaitu yang sudah kita bahas ukurannya di atas yaitu ukuran kertas Letter, kertas Legal, ukuran kertas A4 dan juga ukuran kertas F4 atau folio.

Baca juga :


Silahkan anda pilih sendiri kebutuhan ukuran kertas anda yang akan anda gunakan. Mungkin demikian saja yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini. Mudah – mudahan, tulisan singkat tentang beberapa jenis dan ukuran kertas pada microsoft word dapat menambah wawasan dan juga bermanfaat untuk anda semua. Sekian dan tetap ikuti update informasi dan tutorial hanya di www.sinaukomputer.net

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Ukuran Kertas dan Jenis Kertas Pada Microsoft Word"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel