Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Dengan Mudah

Komputer kini menjadi salah satu perangkat elektronik yang banyak digunakan. Berbagai keperluan sering mengandalkan komputer. Namun perangkat ini tidak akan berguna, jika terkena error atau masalah seperti blue screen. Cara mengatasi blue screen windows 7 sebenarnya tidak terlalu sulit. Penyelesaian masalah komputer ini bisa dilakukan dengan menghentikan penyebab terjadinya blue screen. Mungkin beberapa orang masih belum mengerti bagaimana komputer bisa mengalami blue screen. Berikut adalah penjelasan lebih lengkapnya.

Blue screen sering kali membuat kesal karena komputer yang tiba-tiba restart. Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya simak ulasan terkait bagaimana cara mengatasi blue screen pada komputer berikut:

Pengertian Blue Screen

Sebelum membahas cara mengatasi blue screen windows 7, ada baiknya untuk terlebih dulu mengerti apa itu blue screen. Sebenarnya istilah ini adalah untuk kondisi komputer yang bermasalah dan biasanya membuat tampilan monitor menjadi berwarna biru. Blue screen of death atau BSOD menjadi istilah yang digunakan saat komputer bermasalah. Blue screen of death atau yang blue screen ini cukup populer saat pemilik Windows yakni Bill Gates mempresentasikan Windows 98. Kesalahan sistem pada hardware atau software membuat komputer mengalami error dan muncul blue screen.

Penyebab Blue Screen

Cara mengatasi blue screen pada windows 7 dapat dilakukan dengan melihat penyebab terjadinya. Blue screen bisa muncul karena ada permasalahan pada sistem. Peralatan seperti driver yang tidak bagus, file DLL yang digunakan tidak sesuai, registry rusak, hingga memori yang bermasalah dapat menyebabkan blue screen pada Windows 7. Virus atau malware juga bisa menimbulkan blue screen, apabila malware tersebut sudah mencapai dasar atau bagian penting dari komputer. Itulah mengapa membersihkan virus bisa menjadi salah satu Cara mengatasi blue screen windows 7.

Baca : 6 Rekomendasi Antivirus terbaik untuk PC

Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda lakukan apabila terjadi "Blue Screen" pada komputer, khususnya komputer dengan sistem operasi windows 7.

Penyebab Dan Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7

cara mengatasi blue screen windows 7

1. Melakukan scanning pada komputer dan sistem

Scanning pada komputer memang sebaiknya dilakukan secara berkala. Komputer membutuhkan perlindungan dari bahaya malware yang mungkin menyebabkan blue screen. Penyebab dan cara mengatasi blue screen pada windows 7 memang berhubungan. Jika disebabkan karena malware, maka cara mengatasinya adalah dengan cara membersihkan malware tersebut. 

Langkah-langkahnya mudah melalui software untuk scan. Cara kerjanya adalah dengan melakukan scanning untuk komputer dan juga sistemnya atau yang biasa disebut full scanning. Windows 7 blue screen saat startup mungkin bisa terjadi secara cepat. Scanning bisa dilakukan setelah komputer Anda nyala kembali.

2. Melakukan restart komputer

Apabila penyebab blue screen windows 7 karena ada masalah pada file sistem, maka solusi untuk mengatasinya adalah restart. Blue screen dapat terjadi, jika menginstal sebuah software namun gagal atau crash. Maka dari itu cara mengatasi blue screen windows 7 bisa dilakukan dengan restore komputer. 

Menginstal ulang windows akan menghilangkan masalah pada komputer, termasuk kegagalan dalam menginstal software. Saat terjadi blue screen, secara otomatis windows memang akan melakukan restart. Untuk mencegah itu terjadi lagi, Anda bisa melakukan pengaturan.

Untuk restart, Anda perlu tunggu booting pada komputer selesai. Sebenarnya cara mengatasi blue screen windows 7 tidak diperlukan apabila kerusakannya ringan. Biasanya windows akan mengulang sistem dan komputer bisa kembali digunakan. 

Namun untuk kondisi komputer yang rusaknya cukup parah, maka perlu penanganan lebih lanjut. Langkah untuk melakukan restart tidak sulit, pilih ikon power yang ada dan kemudian klik. Pilih restart yang berada di posisi paling bawah. Tunggu sampai komputer selesai melakukan restart dan Anda bisa kembali menggunakannya.

3. Mengatasi Blue screen dengan melepas hardware

cara mengatasi blue screen windows 7

Dalam penggunaan komputer biasanya disertai dengan beberapa hardware tambahan yang dimasukkan melalui port USB atau tempat sambungan lain. Apabila terjadi masalah seperti blue screen, cara mengatasi blue screen windows 7 yang paling tepat adalah melepaskan semua hardware yang tidak diperlukan. Hardware yang tidak diperlukan, sebaiknya tidak dihubungkan dengan komputer yang mengalami blue screen. Tunggu hingga proses restart otomatis selesai dan komputer bisa digunakan kembali.

Cek hardware yang digunakan atau pun yang terhubung dengan komputer menjadi cara mengatasi blue screen windows 7 yang cukup mudah. Apabila tidak kunjung normal berarti kerusakannya memang ada pada hardware, dan Anda harus membawa komputer ke tempat servis. Mungkin ada bagian-bagian dalam komputer yang harus diganti. Hard disk yang sudah tidak baik atau rusak dapat menyebabkan layar biru. Penggantian hard disk dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut.

Baca juga : Mengenal hardware komputer dan fungsinya lengkap

4. Melakukan restore

Cara mengatasi komputer blue screen windows 7 yang lain adalah dengan reset sistem komputer. Instal ulang windows bisa menjadi cara paling efektif untuk mengembalikan komputer yang bermasalah atau terkena blue screen. Restore windows adalah cara ampuh mengatasi blue screen windows 7. Cara ini bisa dilakukan apabila kerusakan sistemnya tidak biasa. Windows sebenarnya akan mengembalikan komputer menyala apabila kerusakannya kecil pada sistem.

Restore komputer dilakukan saat muncul blue screen. Caranya tekan tombol power untuk mematikan komputer. Tahan tombol tersebut sampai komputer benar-benar mati, biasanya suara mesin akan langsung ikut berhenti sebagai tanda komputer sudah dimatikan. Setelah itu cara mengatasi blue screen windows 7 dilanjutkan dengan menyalakan ulang komputer dan klik tombol F8. 

Pilih mode safe dan tunggu proses booting di komputer selesai. Masuk ke menu control panel dan klik menu system & security. Pada menu tersebut klik action centre, klik recovery, open system restore, klik next, sampai klik finish dan yes. Komputer siap di-restore untuk mengatasi blue screen. Restart kembali komputernya dan tunggu proses tersebut selesai.

5. Instal driver atau windows

Update driver perlu dilakukan agar komputer bisa beroperasi dengan baik. Apabila update tidak selesai atau belum sesuai, komputer mudah mengalami layar biru. Cara mengatasinya adalah dengan menginstal atau update driver. Download driver paling terbaru dari windows. Langkah-langkah selanjutnya tidak jauh berbeda dengan cara melakukan restart komputer. Driver komputer Anda pun akan menjadi baru dan update.

Cara yang paling ampuh lainnya untuk mengembalikan komputer error karena blue screen adalah instal windows. Meng-instal ulang sistem windows yang digunakan pada komputer. Cara ini bisa dilakukan apabila restart atau restore tidak bisa mengembalikan komputer yang mengalami layar biru. 

Walaupun Anda harus siap kehilangan aplikasi atau data yang ada di komputer, instal ulang windows adalah cara mengatasi blue screen windows 7 yang paling efektif. Selain mengembalikan komputer yang terkena blue screen, cara ini pun membuat sistem baru pada komputer. Semua dibangun ulang dengan windows yang baru dipasang pada komputer. 

Itulah berapa informasi dan cara mengatasi blue screen windows 7. Masalah layar biru ini memang bisa terjadi kapan saja. Supaya tidak terjadi lagi, sebaiknya Anda lebih cermat dalam memasang aplikasi baru dan selalu update dengan versi terbaru.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Blue Screen Windows 7 Dengan Mudah"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...