Perangkat Keras Internet dan Fungsinya | Baca Penjelasan Lengkapnya Di Sini

Dewasa ini, internet bisa dikatakan sudah menjadi salah satu kebutuhan paling mendasar bagi masyarakat modern. Dari mulai berkomunikasi, belajar, hingga berbisnis, semuanya kini bisa dilakukan dengan sangat mudah melalui internet. Nah, untuk dapat mengakses internet tentu ada beberapa perangkat keras internet yang dibutuhkan agar akses internet bisa berjalan dengan lancar. Lalu, sudahkah Anda tahu apa saja ya perangkat keras yang terhubung yang digunakan sehingga kita bisa mengakses internet?

Ternyata, sebuah komputer agar dapat mengakses internet ini tidak hanya memerlukan satu perangkat saja lho. Sekilas mungkin tampak sederhana, cukup komputer dan modemnya saja. Namun lebih dari itu, dalam koneksi internet yang cepat dan stabil nyatanya ada banyak perangkat keras yang berperan dengan fungsinya masing-masing. Ingin tahu ada apa saja perangkat keras yang digunakan untuk mengakses internet ? Di bawah ini kita akan mengupas tuntas mengenai definisi hingga fungsinya. Yuk langsung cek informasi lengkapnya di bawah ini.

Pengertian Perangkat Keras Internet


Sebelum membahas lebih jauh, baiknya kita ketahui dulu apa sih perangkat keras internet itu? Perlu diketahui bahwa dalam penggunaan pc atau personal computer ada dua jenis perangkat yang digunakan, yakni perangkat lunak dan perangkat keras. Apa itu perangkat lunak? Perangkat lunak adalah perangkat yang tidak bisa dipegang secara fisik. 

Melainkan berbentuk virtual atau tidak nyata, misalnya Google Chrome, Ms Words, danmasih banyak lagi jenis perangkat lunak lainnya yang juga dikenal dengan istilah software. Sementara itu perangkat keras adalah perangkat yang ada bentuk fisiknya dan bisa kita lihat dan sentuh secara langsung. Contoh perangkat keras atau hardware komputer misalnya ada hard disk, layar monitor, speaker, keyboard, dan yang lainnya.

Baca artikel terkait :

Perangkat Keras Jaringan Internet


Dalam pembahasan kali ini, kita akan lebih fokus untuk membahas mengenai perangkat keras jaringan internet atau hardware apa saja sih yang digunakan agar kita dapat mengakses internet di pc. Sebagai jawabannya, berikut ini ada macam-macam perangkat keras internet lengkap dengan definisinya dan penjelasannya.

1. Personal Computer (PC)

perangkat keras internet

Ingin mengakses internet ? Perangkat keras internet yang paling mendasar yang harus Anda siapkan terlebih dahulu tentu pc atau personal computer yang dapat mengakses internet. Perlu diketahui bahwa jenis pc yang digunakan ternyata akan berdampak pada seberapa baik koneksi internetnya. Jika semakin baik spesifikasi yang ada pada sebuah pc, maka akan semakin cepat pula koneksi internetnya. 

Spesifikasi komputer untuk dapat mengakses internet setidaknya memiliki processor (minimal pentium 3, 500 Mhz), RAM atau media penyimpanan sementara minimal 64 MB, VGA card minimal 4 MB untuk tampilan layar monitor, dan yang terakhir tentunya layar monitor sebagai output data. Perangkat keras atau hardware tersebut adalah spesifikasi minimal pada komputer untuk bisa mengakses internet.

Baca juga : Cara cek spesifiksi Komputer

2. Modem

Selain perangkat keras internet dan fungsinya personal computer di poin yang pertama, perangkat keras selanjutnya adalah modem, di mana jika komputer tidak dihubungkan dengan perangkat yang satu ini maka komputer tidak dapat mendapatkan akses ke jaringan internet. Modem atau Modulator Demodulator merupakan perangkat yang dapat menangkap sinyal dari digital ke analog, maupun sebaliknya. Modem sendiri terdiri dari beberapa jenis, yakni ada modem dial up (modem internal, modem eksternal), modem kabel, modem CDMA/GSM, dan modem Asymmetric Digital Subscriber Line atau ADSL.

# Modem Dial Up 

perangkat keras internet
Jenis modem dial up ini digunakan untuk komputer yang dihubungkan langsung ke saluran telepon. Jenis modem dial up terdiri dari modem internal dan modem eksternal. Model internal merupakan modem yang terpasang di dalam komputer, tepatnya pada slot ekspansi yang ada pada hardware mainboard komputer. Kemampuan download modem internal ini berada pada kecepatan 56 kbps. 

Kelebihan menggunakan modem internal adalah harga lebih ekonomis, dan tidak memerlukan banyak kabel penghubung atau adaptor sehingga lebih praktis. Meski demikian, penggunaan modem internal ini memiliki beberapa kelemahan yakni tidak adanya indikator untuk memantau status dari modem yang digunakan, dan suhu CPU yang mudah panas karena modem internal tidak memproduksi sumber tegangan sendiri melainkan mendapatkan daya dari power supply yang ada pada CPU.

Selain modem internal, jenis modem dial up yang selanjutnya adalah modem eksternal. Model eksternal adalah modem yang tidak terhubung dengan mainboard komputer, melainkan letaknya berada di luar CPU yang dihubungkan dengan menggunakan kabel port USB. 

Kelemahan menggunakan modem jenis eksternal ini adalah harganya yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan modem internal, sehingga tentu Anda membutuhkan tempat khusus untuk menyimpan modem dan sambungannya. Meski demikian, menggunakan modem eksternal ini juga ada kelebihannya yakni portabilitas yang baik sehingga dapat digunakan pula ke komputer yang lain, dan adanya lampu indikator yang mampu memudahkan Anda untuk memantau status modem eksternal.

# Modem ADSL


Modem ADSL atau Asymmetric Digital Subscriber Line merupakan perangkat keras internet untuk memecahkan sinyal line telepon menjadi data dan suara. Perangkat ini memungkinkan penggunanya untuk dapat melakukan aktivitas browsing internet tanpa mengganggu panggilan telepon.

# Modem Kabel

Modem kabel merupakan perangkat keras internet modem yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan tv kabel. Penggunaan modem kabel memiliki koneksi internet yang lebih cepat dibandingkan dengan model dial up maupun modem ADSL. Untuk kecepatan maksimumnya bisa mencapai 27 Mbps kecepatan download kepada pengguna atau downstream, dan 2,5 Mbps untuk kecepatan upload dari penggunanya atau upstream. 

Lalu, bagaimana ya caranya agar komputer bisa terhubung pada koneksi internet dengan melalui tv kabel? Caranya, Anda harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke layanan tv kabel dan pada Internet Service Provider atau ISP. Sekarang ini bahkan sudah ada tv kabel yang juga sekaligus menawarkan paket internet di rumah, sehingga Anda tidak perlu melakukan pendaftaran secara terpisah. Syarat lain agar komputer bisa terhubung ke internet melalui modem kabel adalah komputer yang Anda miliki harusmemilikifiturethernet card.

3. Saluran telepon 

perangkat keras internet

Perangkat keras akses internet dan gambarnya yang berikutnya adalah saluran telepon, di mana penggunaan telepon ini kemudian dihubungkan menggunakan modem dial up pada komputer sehingga komputer kemudian dapat digunakan untuk mengakses internet. Tidak hanya saluran telepon, sinyal untuk dapat mengakses internet juga bisa didapatkan melalui tv kabel yang dihubungkan dengan menggunakan modem kabel ke komputer.

4. Wireless Application Protocol (WAP) melalui Handphone

perangkat keras internet
http://marketbusinessnews.com
Jika pada poin sebelumnya akses internet membutuhkan bantuan kabel, ada juga cara yang lebih praktis menggunakan sistem Wireless atau tanpa kabeldenganmenggunakanhandphone. Sistem yang digunakan adalah melalui teknik messaging servicepadahandphone yang memilikifasilitas WAP.

Nah itulah 3 perangkat keras yang paling utama yang digunakan untuk dapat mengakses internet melalui komputer. Selain 3 perangkat keras internet di atas, ada juga beberapa perangkat keras pendukung untuk dapat mengakses internet yang perlu Anda ketahui, di antaranya adalah:

# Twisted pairatauUnshield Twisted Pair (UTP) 

Adalah perangkat keras internet berupa kabel yang berfungsi sebagai penghubung internet yang ada pada satu jaringan yang sama. Untuk perlindungan yang lebih baik, ada juga perangkat yang bernama Coaxial yang dapat digunakan sebagai penghubung pada jarak yang lebih jauh dalam kecepatan yang tinggi.
# Konektor RJ 45. 

Perangkat keras yang satu ini berfungsi untuk penghubung kabel Unshield Twister Pair (UTP). Selain itu, ada pula konektor RJ 11 yang berfungsi sebagai sambungan modem dari perangkat komputer ke jaringan telepon.

# Hub

Hub adalah koneksi sentral yang menggabungkan beberapa komputer dalam sebuah jaringan. Hub sendiri terdiri dari active hub dan passive hub. Active hub adalah repeater elektrik dengan 8 konektor yang memiliki fungsi untuk menghasilkan sinyal digital yang kemudian dikirim untuk menjaga kestabilan data sepanjang jalur yang ia lalui. Sementara itu passive hub adalah repeater elektrik dengan 4 konektor yang memiliki fungsi untuk melanjutkan sinyal pada 3 konektor yang ada.

# Bridge dan Switch

Bridge adalah perangkat yang memiliki fungsi sebagai penghubung beberapa jaringan yang terpisah. Bridge ini dapat menghubungkan perangkat yang memiliki tipe jaringan berbeda, misalnya fast ethernet dan ethernet. 

Sementara switch adalah hasil dari pengembangan konsep bridge, di mana ada dua sistem yang digunakan yakni cut through yang menawarkan kelebihan dari segi kecepatan akses. Selain itu ada sistem store and forward yakni menerima kemudian menganalisis terlebih dahulu isi paket sebelum kemudian diteruskan ke server tujuan.

# Router

Fungsi dan cara bekerja perangkat keras internet yang satu ini hampir serupa dengan switch, di mana router ini digunakan untuk menghubungkan komputer ke jaringan lain yang bersifat publik maupun jaringan pribadi atau LAN. Untuk menambah jarak maksimum pada tiap LAN, dapat menggunakan perangkat repeater.

# ISDN atau Integrated Services Digital Network 

Merupakan sistem telekomunikasi yang mengintegrasikan layanan suara, data, dan gambar menjadi satu jaringan. ISDN juga berfungsi sebagai transmisi dari sistem analog ke digital. Penggunaan ISDN tersedia pada NSP atau Network Service Provider. Jenis dari ISDN sendiri ada 2 yakni BRI atau basic rate interface, dan PRI atau Primary Rate Interface.

# Satelit. 

perangkat keras internet

Komputer maupun handphone tidak dapat mengakses internet kecuali tanpa bantuan dari satelit. Adalah VSAT atau Very Small Aperture Terminal yang merupakan stasiun penerima sinyal yang di dapatkan dari satelit, di mana bentuknya seperti piringan dengan diameter kurang lebih 3 meter. Singkatnya, VSAT berfungsi untuk mengirim maupun menerima data ke satelit. 

Itulah dia informasi lengkap mengenai perangkat keras untuk mengakses internet dan intranet.Ternyata ada banyak sekali ya perangkat keras yang bekerja saat kita mengakses informasi melalui internet, di mana setiap perangkat yang ada memiliki fungsinya sendiri-sendiri. Kelengkapan dari perangkat keras yang digunakan pun nyatanya sangat  berpengaruh pada performa koneksivitas internetnya lho. 


Jadi, untuk bisa mendapatkan sinyal internet yang cepat, stabil, dan tentunya berkualitas, maka diperlukan perangkat keras yang lengkap, dan provider yang baik pula.Nah, semoga informasi mengenai perangkat keras internet ini bisa bermanfaat untuk anda sekalian.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Perangkat Keras Internet dan Fungsinya | Baca Penjelasan Lengkapnya Di Sini"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...