-->

4 Trik SEO Toko Online Langsung Dari Masternya

SEO toko online apakah sama dengan SEO blog pada umumnya ? Tentu jawabnya sama. SEO dimanapun sama, yaitu sebuah cara yang kita lakukan untuk mengoptimalkan hasil pencarian pada mesin pencari. Seperti yang sudah kita bahas pada tulisan mengenal SEO di waktu yang sudah lewat. Yang beda apanya ? Tips dan triknya, dan itu akan kita ulas di kesempatan kali ini. 

SinauKomputer bukanlah blog pakar SEO dan saya bukanlah ahli SEO. Namun tidak ada salahnya kita berbagi ilmu dan pelajaran mengenai hal – hal yang kita dapatkan. Termasuk dalam hal SEO. Kebetulan beberapa hari yang lalu dapat masukkan bagus dari seorang master SEO dunia founder backlinko.com mengenao tips SEO toko online. 

Menurutnya, ada 4 faktor yang apabila kita optimalkan, maka akan bisa meningkatkan trafik toko online kita. Apa sajakah itu ? Berikut ini listnya : 

1. Tingkatkan Domain Authority

Anda yang sudah lama belajar SEO pastinya tau apa itu Domain Authority. Yaitu nilau autoritas sebuah domain yang ditentukan dari kuantitas dan kualitas backlink sebuah website. Jika kita bermain White Hat SEO, backlink itu didapat dari orang yang merekomendasikan webiste kita ketika dia menemukan konten yang bermanfaat. 

seo toko online

Lalu untuk toko online, semua konten dalam website baik halaman kategori atau halaman produk berisi tentang ulasan produk dan deskripsinya. Minim sekali konten yang dapat bermanfaat secara luas. Lalu, bagaimana kita mendapatkan backlink ? 

Salah satu caranya adalah dengan membuat konten marketing, yaitu artikel – artikel yang bermanfaat yang kita posting di dalam toko online. Konten ini berisi informasi baik secara umum atau khusus dan berkaitan dengan salah satu produk – produk yang kita jual di etalase toko online kita. 

Dengan konten ini, Domain Authority sebsite secara keseluruhan akan naik dan hal ini secara otomatis akan mendongkrak peringkat di halaman kategory dan halaman produk toko online kita. 

2. Maksimalkan Optimasi Halaman Produk 

seo toko online

Tips SEO toko online berikutnya yaitu mengoptimalkan halaman produk. Halaman produk merupakan satu halaman paling penting dalam webiste toko online. Sebab dari halaman ini terjadi konversi menjadi penjualan. Pertanyaanya adalah bagaimana cara mengoptimasi halaman produk ? 
  • Buat variasi Title Tag halaman produk semenarik muingkin. Hal ini akan mengundang orang untuk menuju halaman produk anda. 
  • Naikan CTR halaman produk dengan memberikan kata – kata magnet pada Meta Deskripsi 
  • Buat deskripsi produk yang lengkap dan panjang, direkomendasikan hingga 1000 kata 
  • Tidak perlu memperhatikan keyword density yang akan membuat deskripsi produk terkesan kaku dan tidak enak dibaca 

3. Buat Navigasi Halaman Website Simpel

Teknik seo toko online berikutnya yang tidak boleh kita kesampingkan yaitu tentang struktur website. Maksudnya, halaman – halaman yang ada di dalam website kita mulai dari home page hingga halaman produk. Struktur yang terlalu dalam, membuat orang dan mesin pencari kesulitan menjelajah website anda. 

Toko online dengan banyak sekali produk dalam kategori – kategori, terkadang membuat kita bingung. Hal ini biasanya karena struktur website yang terlalu dalam. Oleh karena itu, tips optimasi SEO dalam hal ini yaitu dengan membuat simpel navigasi untuk menuju halaman produk. 

Usahakan jangan lebih dari 3 kali klik untuk masuk ke halaman produk dari home page website anda. Contohnya : Homepage-->Kategori-->Produk. Dengan begini, orang akan mudah menemukan produk di toko anda, dan mesin pencari juga akan lebih mudah mengindeks struktur website anda. 

4. Persingkat URL 

seo toko online

Langkah terakhir yaitu buat URL kategory produk atau halaman produk sesingkat mungkin. Mungkin kita masih terpaku dengan teknik – teknik SEO jadul yang merekomendasikan keyword di dalam URL. 

Ternyata sekarang tidak sepenuhnya benar. Ada banyak penelitian yang ternyata menyimpulkan bahwa halaman dengan URL yang singkat menduduki posisi teratas di mesin pencari daripada halaman dengan URL yang panjang. 

Jadi, apakah kita harus merubah semua URL di toko online kita ? Tidak perlu, karena itu akan menimbulkan permasalahan SEO yang cukup menyibukkan. Cukup lakukan pada produk dan halaman kategory produk yang baru di toko online kita. 


Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan kepada anda pada kesempatan kali ini, semoga tips seo toko online yang telah kita pelajari ini, membawa dampak yang positif untuk kita bersama.

Kurang puas dengan apa yang sudah saya ceritakan ? Tonton saja langsung Vidionya :


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "4 Trik SEO Toko Online Langsung Dari Masternya"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel