Petunjuk Menghidupkan Dan Mematikan Komputer Dengan Benar

Menghidupkan dan mematikan komputer tidak bisa sembarangan. Tidak seperti ketika kita mematikan TV, Radio, Setrika atau perangkat elektronik lainnya. Memang, komputer juga merupakan perangkat elektronik, namun memiliki spesifikasi yang tidak sama dengan lainnya. Sebagaimana anda ketahui, komputer ini terdiri dari perangkat keras dan juga perangkat lunak yang bisa rusak karena cara mematikannya tidak benar.

Oleh karena itu, pertama - tama yang perlu dipelajari dalam belajar komputer dasar adalah cara menghidupkan dan mematikan komputer sesuai dengan prosedur yang benar. Melalui tulisan ini, saya ingin mencoba berbagi informasi bagaimana langkah - langkah mematikan ataupun menghidupkan komputer dan beberapa hal yang menyertainya.

Cara Menghidupkan Komputer


Komputer merupakan perangkat yang membutuhkan daya listrik untuk bekerja. Di dalamnya terdapat Power Suply untuk mengubah arus AC dari listrik PLN menjadi arus searah (DC) yang kemudian tersambung pada semua perangkat melalui motherboard.

Baiknya, anda menggunakan UPS atau minimal Stabilizer agar kondisi listrik PLN dapat dikondisikan. Pasalnya, listrik yang tidak stabil dapat berpengaruh terhadap perangkat komputer. Listrik yang sering mati (anjlok) membuat komputer tidak bertahan lama. Oleh sebab itu dalam pembahasan cara merawat komputer, salah satu point yang penting adalah direkomendasikan menggunakan UPS untuk mengatasi kondisi listrik yang tidak stabil.

Berikut langkah - langkah menghidupkan komputer dengan prosedur yang benar :
  1. Pastikan kabel power dan monitor terpasang dengan benar pada UPS/Stabilizer. Bagi anda yang belum menggunakannya, berarti langsung terpasang pada stop kontak
  2. Jika sudah untuk anda yang menggunakan UPS/Stabizer, nyalakan powernya terlebih dulu
  3. Untuk menghidupkan PC (komputer) tekan tombol power sekali dan juga tombol monitor. Terkadang ada jenis CPU yang memiliki saklar power suply di bagian belakang. Alangkah baiknya, anda cek dulu. Pastikan dalam kondisi On.
  4. Tunggu beberapa saat hingga komputer selesai booting.
  5. Jika komputer sudah masuk ke sistem operasi (windows), maka komputer sudah siap digunakan. 

cara menghidupkan komputer

Menghidupkan komputer saya rasa cukup mudah, dan saya yakin anda yang sudah bisa mengoperasikan komputer, tahu bagaimana cara menghidupkan komputer dengan cara yang benar.Oke, sekarang kita lanjutkan.

Cara Mematikan Komputer


Seperti yang sudah kita singgung sedikit diatas, untuk mematikan komputer kita tidak bisa melakukan sebagaimana kita menghidupkannya yaitu menggunakan tombol power. Ada prosedur tertentu yang harus dijalankan. Bahkan sebuah larangan apabila mematikan komputer dalam kondisi normal menggunakan tombol power. 

Lalu bagaimana ? 

Istilah mematikan komputer adalah "Shut Down", dan perintah ini kita jalankan melalui layar komputer dengan langkah - langkah sistematis. Berikut ini langkah - langkah mematikan komputer dengan cara yang benar. 

Kebetulan di sini yang saya gunakan komputer dengan Sistem Operasi windows 10/8 dengan tampilan yang tidak jauh berbeda. 
  1. Pertama pastikan smua program komputer yang anda buka sudah anda "close"
  2. Dari layar desktop, klik logo windows "start"
  3. Setelah itu, nampak icon gambar "power"
  4. Diatasnya terdapat beberapa pilihan, untuk mematikannya anda pilih "Shut Down"
  5. Apabila anda ingin merestart maka klik "Restart"
  6. Begitu juga dengan perintah "Sleep", klik jika anda ingin menidurkan komputer anda dalam waktu smentara.

Pada windows yang lainnya seperti windows 7, Windows XP, Vista caranya sama persis. Hanya bedanya bentuk icon windows yang ada di pojok kiri bawah. Namun secara umum semuanya sama.



Beitulah cara menghidupkan dan mematikan komputer sesuai prosedur yang benar pada komputer PC (Personal Computer)

Beberapa pengecualian :

Dalam beberapa kondisi, jika komputer mengalami Eror seperti tiba - tiba hang, not responding, atau komputer baru dinyalakan namun komputer tidak bisa startup. Atau kondisi lain yang tidak memungkinkan anda untuk melakukan shut down atau Restart menggunakan prosedur tersebut. Anda bisa menekan tombol power dalam waktu lama hingga komputer mati atau Restart.

Cara Menghidupkan Dan Mematikan Laptop (Notebook)


Cara menyalakan atau menghidupkan laptop sama juga seperti komputer PC. Hanya saja tidak perlu kita mencolokan jek AC ke stop kontak karena laptop sudah menggunakan power berupa baterai. Kecuali kalo baterai habis, otomatis kita harus mengisinya dengan mencolokan charger ke stop kontak.

Untuk menghidupkan laptop sama persis dengan komputer PC yaitu anda cukup menekan tombol power satu kali tanpa harus menyalakan tombol monitor karena laptop sudah langsung terkoneksi ke power monitor. Sekali tekan tombol CPU dan Monitor akan menyala. Tombol power pada laptop biasanya terletak di pojok kiri atas, tepatnya diatas keyboard.



Sedangkan untuk mematikan komputer laptop sama persis dengan yang sudah kita bahas pada cara mematikan komputer PC diatas. Yaitu melalui icon start menu dan kemudian klik tulisan “Shut Down”.

Sangat mudah sekali dan saya yakin anda pasti bisa melakukan dan mengajarkannya pada anak – anak kita. Munkin sampai sini saja dulu pembahasan cara menghidupkan dan mematikan komputer yang benar pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembacanya. Sekian dan terimakasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Petunjuk Menghidupkan Dan Mematikan Komputer Dengan Benar"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Loading...