-->

Cara Optimasi SEO On Page Pada Blogspot

Cara Optimasi SEO On Page – Kita semua sudah mengetahui apa itu SEO. Umumnya SEO terbagi menjadi dua teknik yaitu On Page SEO dan Off Page SEO. Keduanya sangat penting dan perlu kita lakukan di blog kita. On Page SEO adalah optimasi yang dilakukan pada website (di dalam wbsite). Lalu  bagaimana teknik SEO On Page ? Kita akan bahas selengkapnya pada kesempatan kali ini.


Selamat datang di sinaukomputer.net, tempat berbagi pengalaman tentang berbagai macam cara belajar komputer atau Panduan Belajar Komputer Otodidak. Seperti yang sudah kita katakan tadi,pada kesempatan ini kita akan mencoba untuk melanjutkan pembahasan kita pada kesempatan yang lalu tentang SEO (Search Engine Optimization). Dengan membahas salah satu dari unsur SEO yaitu On Page SEO.


Pengertian SEO On Page 


Kita telah membagi SEO ke dalam dua bentuk, SEO On Page dan SEO Off Page. Masih ingat tentang pembahasan yang lalu ?  Bagi yang belum baca silahkan bisa baca lagi :

Seperti yang telah saya katakan di awal paragraf, kali ini kita akan mencoba untuk membahas cara optimasi SEO On Page. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengoptimasi blog kita dari sisi  On Page nya.


Cara Optimasi SEO On Page Pada Blogspot


Sudah tahu kan yang dimaksud On Page ?

Yah, On Page yaitu segala sesuatu yang terdapat dalam blog kita. Atau dengan kata lain optimasi dari blog itu sendiri. Mulai dari, nama domain, tema blog, tampilan gambara, content dan banyak lagi yang lainya.

Untuk mempermudah pembahsan kita tentang teknik SEO On Page. Kali ini kita akan fokus membahas mengenai SEO On Page pada postingan atau kontent. Karena dari beberapa option yang telah kita sebutkan tadi, optimasi pada postingan adalah yang prioritas dibanging yang lainya.

Bukan bermaksud mengesampingkan yang lainya, semua penting. Tapi untuk memperfokus bahasan kita agar tidak terlalu panjang.

Oke, karena dari awal kita membahas blogspot jadi kali ini kita juga akan memulai optimasi On Page pada blogspot. Bagi yang pake wordpress, bisa langsung simak pembahasan lengkapnya di sini : 

Baca : Cara optimasi dan tips SEO untuk Wordpress

Cara Optimasi SEO On Page Blogspot


Banyak sekali sumber yang telah membahas panjang lebar tentang bagaimana teknik SEO On Page secara detail. Namun saya dapat menyimpulkan ada beberapa teknik yang efektif untuk anda gunakan di blog anda diantaranya sebagai berikut :

1.Optimasi Pada Judul Artikel

Bagaimana optimasi judul ? Kalo kita bicara optimasi, pasti berhubungan dengan “Key Word” atau kata kunci yang akan kita bidik. Namun kali ini kita tidak membahas bagaimana melakukan research key word. Saya anggap anda sudah paham caranya. Atau kita akan bahas di lain kesempatan.

Misalhkan kita akan membuat artikel tentang resep masakan Indonesia dan anda telah menemukan key word yang tepat yaitu “resep nasi goreng sunda”.

Optimasi di judul adalah dengan membuat judul yang mengandung key word tersebut. Contoh :

Resep Nasi Goreng Sunda Spesial, Inilah Resep Nasi Goreng Sunda Termudah dan Paling Enak, bisa juga Cobain Resep Nasi Goreng Sunda dengan Rasa yang Instimewa.

Sebagian menyarankan optimasi judul yang maksimal adalah meletakan kata kunci atau key word di awal frase atau kalimat pada judul artikel.   

2.Optimasi Pada Isi Artikel

Teknik SEO Onpage selanjutnya yaitu optimasi pada isi kontent atau artikel yang dibuat. Bagaimana caranya ? yaitu dengan memperhatikan “Key Word Density” atau kepadatan kata kunci.

Yang dimaksud di sini adalah meletakan kata kunci di dalam artikel atau postingan yang kita buat. Kita akan membuat kontent berupa artikel dengan kata kunci Resep Nasi Goreng Sunda.

Maka setidaknya, kata kunci tersebut muncul di dalam posingan. Lalu dimana peletakan kata kunci di dalam postingan ?

Banyak sumber yang menyebutkan, tapi pada intinya mungkin seperti ini :
  • Di awal paragraf pertama, atau 100 kata pertama dari artikel
  • Di tengah – tengah artikel
  • Di akhir, atau di paragraf terakhir dari artikel.

3.Optimasi Pada Subjudul/subheading/(H2)

Teknik  SEO On Page yang selanjutnya adalah dengan meletakan kata kunci pada subjudul artikel. Istilah subjudul tidak semua sama di setiap platform masing – masing blog. Kalo di blogspot diistilahkan dengan "subheading"

Mengapa demikian, karena mesin pencari akan mendeteksi pertama pada tittle dan selanjutnya pada subtitle atau subheading ini. Jadi kita optimasikan keyword kita pada subtutle juga selain pada title

4. Optimasi Pada Meta Deskripsi 

Apa itu meta deskripsi ? Susunan kata yang terdiri dari satu atau dua kalimat yang terlihat di bawah title ketika kita melakukan pencarian sebuah kata kunci pada mesin pencari.


Cara Optimasi SEO On Page, Teknik SEO On Page

Bagaimana mengatur meta deskripsi pada blogspot ?

Seperti yang telah saya sampaikan pada pembahasan lalu tentang pengaturan blogger. kali ini saya bahas bagaimana cara mengaktifkan meta deskripsi pada blogspot.

1. Masuk ke dasboard 
2. Kemudian pilih "setelan"
3. Pilih opsi paling atas "Tag Meta" --> klik edit dan pilih "ya"
4. Kosongkan kotak atau silahkan isi dengan deskripsi blog anda untuk optimasi meta pada     home page.
5. Setelah itu klik simpan


Cara Optimasi SEO On Page Pada Blogspot, Teknik SEO On Page

Setelah pengaturan ini diaktifkan maka ketika anda membuat postingan , di menu sebelah kanan muncul posi "deskripsi penelusuran"


Cara Optimasi SEO On Page Pada Blogspot, Teknik SEO On Page

Nah, pada kolom deskripsi penelusuran silahkan optimasi dengan kalimat yang mengandung keyword. Buatlah semenarik mungkin yang membuat pengunjung untuk mengklik web kita.

5.Optimasi Pada URL Postingan

Teknik SEO On Page selanjutnya, adalah dengan mengoptimasi URL postingan. 


Cara Optimasi SEO On Page Pada Blogspot, Teknik SEO On Page

Optimasi URL adalah dengan cara memasukan Kata Kunci yang kita tuju di dalamnya. Untuk blogger biasanya URL akan terbentuk secara otomatis menyesuaikan judul artikel yang dibuat.

Namun banyak pakar SEO menyarankah untuk optimasi URL adalah dengan memperpendek dan mempersingkat URL. Berarti kesimpulanya kita masukan saja keyword yang kita tuju untuk URL nya.

Begini cara edit URL di blogspot.

Pada Setelan entri klik di "Link", kemudian pilih opsi "tautan permanen khusus" kemudian silahkan edit link URL nya dengan keyword yang anda tuju. 




Setelah di edit kemudian klik "selesai"

6.Optimasi Gambar (image)

Gambar dalam postingan jangan pernah anda lupakan. Gambar yang menarik terkadang akan membuat pengunjung ingin melihat lebih jauh tentang isi artikel. 

Pilihlah beberapa gambar yang menarik, masukan untuk melengkapi postingan anda. Optimasi untuk gambar ada pada "title text" dan "alt text" yang ada di properties gambar.

Pada blogspot, anda cukup klik pada gambar yang telah anda masukan ke postingan, maka akan muncul pengaturan gambar. Klik di "properties", kemudian isikan kolom title text dan alt text dengan key word anda, atau kata yang berhubungan.


Cara Optimasi SEO On Page, Teknik SEO On Page
Itulah beberapa cara optimasi SEO On Page pada Blogspot. Tulisan ini saya peroleh dari para master - master SEO yang sudah berpengalaman. Silahkan dipraktekan, oh ya. Ada satu lagi yang saya baru ingat sekarang. Jumlah kata dalam artikel, makin banyak makin bagus tentu saja yang relevan dengan keyword yang anda tuju. 

Baca Juga : Cara optimasi SEO Off page paling mudah

Sekian saja dulu. Semoga bermanfaat untuk saya dan teman - teman sekalian. Mohon masukanya di koment untuk kemajuan blog ini. Terimakasih

Atau anda ingin lanjut ke tutorial langkah membuat website berbasis PHP yang keren dan profesional dalam waktu beberapa menit saja ? Apalagi anda dapat membuatnya dengan gratis ? Jangan tunggu lagi, baca dan ikuti tutorialnya sekarang :

Baca Juga :

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Cara Optimasi SEO On Page Pada Blogspot"

  1. Untuk seo onpage apakah ada perbedaan antara blogspot dan wordpress?

    ReplyDelete
  2. Sebelumnya tirmakasih atas kunjunganya. Pada dasarnya sama. Namun kalo di wordpress kita bisa lebih mudah karena di sana ada plugin yang namanya SEO by Yoast. Disitu kita tunggal ngikuti saja panduanya. Kalo di Blogger kita mesti kira - kira sendiri.

    Saya akan bahas juga tutorial seo wordpres InsyaAlloh, dont mis it ? hehehe

    ReplyDelete

Silahkan masukan komentar anda sebagai masukan untuk kemajuan blog ini. Atau silahkan bertanya bagi anda yang kurang jelas tentang beberapa penjelasan di kontent yang sedang anda baca. Terimakasih

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel